Langkah Menjaga Mobil Yang Perlu Dipahami

Minimal ada enam langkah menjaga mobil yang jarang-jarang digunakan. Dengan pahaminya, Anda tak perlu cemas mobil alami kerusakan walau tak pernah digunakan. Kadang, seorang pemilik kendaraan tidak memakai mobilnya dalam periode waktu tertentu. Dalam masalah ini, argumennya cukup bermacam. Ada beberapa yang mempunyai mobil lebih satu. Dan ada pula yang telah berpindah dari kendaraan individu ke kendaraan umum.

Apa saja argumennya, pengendara tetap harus menjaga mobilnya. Bukan tanpa argumen, cuma untuk meminimalkan peluang kerusakan yang ada saat kendaraan jarang-jarang dipakai. Dikutip dari Auto 2000, berikut langkah menjaga mobil yang jarang-jarang digunakan :

  1. Memanasi Mobil secara Teratur Langkah yang umum dengan memanasi mesin mobil sehari-harinya. Walau kendaraan tidak dipakai, sebaiknya sopir meluangkan waktunya untuk menghidupkan mobil sepanjang sesaat. Argumennya simpel. Ini dilaksanakan supaya oli tidak menggumpal hingga semua elemen tetap terlumasi. Dalam periode panjang, langkah ini dapat menghindari mesin terserang korosi.
  2. Penuhi Bahan Bakar Pada kendaraan yang jarang-jarang digunakan, jangan dibiarkan bak bensinnya kosong. Ini untuk menghindar ada ruangan kosong pada bak.Udara dalam bak dapat memunculkan embun hingga mempunyai potensi munculkan karat didalamnya. Oleh karena itu, pemilik    kendaraan harus isi bahan bakar mobilnya meskipun jarang-jarang dipakai.
  1. Membersihkan Exterior Mobil secara Periodik Langkah menjaga mobil yang jarang-jarang digunakan selanjutnya ialah bersihkan exterior mobilnya secara periodik. Pada mobil yang jarang-jarang digunakan, kotoran atau debu lain dapat sampai di bodi mobil. Debu itu dapat membuat elemen lain hancur bila tidak selekasnya dibikin bersih. Oleh karena itu, pengendara harus memerhatikan kebersihan exterior mobilnya walau jarang-jarang dipakai.
  2. Check Penekanan Angin Volume angin pada mobil dapat menyusut, terutama bila kendaraan di parkir dalam garasi berubin dingin. Dalam masalah ini, pengendara dapat mengeceknya kadang-kadang untuk menghindar ban kempes saat akan dipakai. Disamping itu, ban kempes ini bisa juga menghancurkan velg mobil. Untuk meminimalkan hal itu, pengendara dapat isi penekanan angin bila keadaan ban mobilnya kempes.
BACA JUGA  Panduan Memlih Jasa Ekspedisi Terbaik